Selasa, Oktober 18, 2011

Ayam Goreng Kalasan

Memasak adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan bagi mereka yang mempunyai hobi memasak, tetapi bagi mereka-mereka yang tidak bisa memasak ataupun bagi mereka yang sibuk maka akan menjadi masalah. Sebetulnya memasak sendiri akan lebih menghemat uang belanja dapur dari pada harus membeli masakan jadi.
Sebagai contoh andaikata membeli seekor ayam goreng Kalasan yang beratnya kurang lebih 1kg harganya sekitar Rp.60.000,-, akan tetapi kalau uang Rp.60.000,- kita belikan bahan mentah dengan mengolahnya sendiri akan lebih banyak ayam goreng Kalasan yang kita peroleh, mungkin bisa  dapat kurang lebih 2,5kg (ayam golreng Kalasan). Selain perolehan ayam goreng lebih banyak, kita juga dapat memilih bahan-bahan
olahan yang lebih baik. Untuk bisa membuat ayam goreng Kalasan kami sajikan resepnya sbb :
Bahan:
  1. Seekor ayam (berat kurang lebih 2,5kg)
  2. 500 cc air kelapa
  3. 1/2 (setengah) sendok teh soda kue
  4. 4 (empat) siung bawang putih, dihaluskan
  5. Garam secukupnya.
  6. Minyak goreng secukupnya.
Cara membuatnya :
  1. Bersihkan ayam dan belah menjadi dua bagian.
  2. Masukan ke dalam panci : ayam dengan air kelapa, soda kue, bawang putih yang sudah dihaluskan dan garam, kemudian rebus sampai ayam menjadi empuk serta air kelapanya mengering.
  3. Panaskan minyak dalam alat penggorengan kemudian goreng ayam sampai warnanya kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.
Kemudian Ayam Goreng Kalasan ala pensiunan pegawai Telkom siap disajikan untuk menemani makan sekeluarga. Selamat mencoba. (Bahan tulisan dari resep istri pensiunan pegawai Telkom); Sutaryo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar