Rabu, Februari 15, 2012

Manfaat Buah Manggis

Manggis merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari hutan tropis yang teduh di kawasan Asia Tenggara, yaitu hutan belantara Malaysia atau Indonesia. Dari Asia Tenggara manggis menyebar ke daerah Amerika Tengah dan daerah tropis lainnya seperti Srilanka, Malagasi, Karibia, Hawai dan Australia Utara. Di Indonesia manggis mempunyai berbagai macam nama seperti : manggu (Jawa Barat), Manggus (Lampung) Manggusto (Sulawesi Utara) Manggista (Sumatera Barat).

Pohon manggis dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian di bawah 1.000 m dpl. Pertumbuhan terbaik dicapai pada daerah ketinggian di bawah 500-600 m dpl.

Manfaat Tanaman Manggis
Buah manggis dapat disajikan dalam bentuk buah segar, sebagai buah kaleng, dibuat siruop/sari buah. Secara tradisional buah manggis adalah obat sariawan, wasir, dan luka. Kulit buah manggis dimanfaatkan sebagai pewarna termasuk tekstil dan air resbusannya dimanfaatkan sebagai obat tradisional, batang pohonnya dipakai sebagai bahan bangunan, kayu bakar/ kerajinan.

Buah Manggis
Di dalam buah manggis terdapat zat xanthone atau antioksidan, antiproliferativ, antiinflamasi dan antimikrobial. Vitamin yang terkandung tidak kalah sama buah yang lainnya, malahan manggis kandungannya lebih dari buah-buahan lainnya, maka tepatlah manggis sebagai  ”Queen of Fruit” atau ratu buah.

Menurut penelitian di Universitas Taichung Taiwan telah mengisolasi xanthone dan deviratnya dari kulit buah manggis ( pericarp ) di antaranya diketahui adalah 3-isomangoestein, alpha mangostin, Gammamangostin ,Garcinone A,garcinone B, C, D dan garcinone E,maclurin,mangostenol.

Hasil sebuah penelitian di Singapura menunjukan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan antioksidan pada rambutan dan durian.

Dari berbagai penelitian di dunia para ahli sependapat bahwa xanthone dan deviratnya efektif melawan kanker payudara secara in-vitro, dan obat penyakit jantung. Kasiat garcinone E (devirat xanthone) ini jauh lebih efektif untuk menghambat kanker bila dibandingkan dengan obat kanker seperti flaraucil,cisplatin,vincristin,metohotrexete, dan mitoxiantrone.

Kajian terkini melalui sains telah membuktikan khasiat dan kelebihan buah manggis dengan penemuan sejenis bahan aktif di dalam buah manggis yang dikenali sebagai xanthone.
Xanthone ialah suatu bahan kimia aktif dengan strukturnya yang terdiri 3 cincin dan ini menjadikannya sangat stabil ketika berada dalam badan. Struktur ini menjadikannya sangat stabil dalam keadaan panas atau dingin.
Terdapat lebih dari 200 jenis bahan xanthone di alam tetapi lebih dari 40 jenis xanthone terdapat dalam buah manggis dan ini merupakan kandungan yang terbanyak.

Khasiat terbaik dari Buah Manggis ialah hanya bersifat anti-oksidan yaitu menghambat proses oksidasi atau proses penuaan tubuh/sel tubuh. Buah Manggis akan melindungi sel dan mengurangi kerusakan pada sel akibat radikal bebas. Selain bermanfaat sebagai anti-oksidan, buah manggis juga berkhasiat sebagai antibakteri, anti-kanker, dan anti-radang.

Kulit buah manggis menghasilkan warna merah keunguan, dan amat sulit dibersihkan. Karena mengandung tanin, resin, dan crystallizable mangostine (C20H22O5), yang mudah larut dalam alkohol atau ether, tidak larut dalam air. Kulit manggis amat berkhasiat untuk membuang asam ureat di dalam tubuh yang berguna bagi penderita reumatik/gout.

Cara membuat jus kulit buah manggis.
Seperti layaknya membuat jus, kulit dalam buah manggispun hanya perlu diblender dengan dicampur air hangat dan ethanol untuk mengikat xanthone.
Setelah itu, dipisahkan antara ampas dan sarinya. Ampas dari kulit manggis yang telah diblender, juga bisa dijadikan scrub untuk kecantikan kulit. Sementara, ekstrak xanthone kulit manggis dimasak dengan suhu antara 90-95 derajat Celsius untuk menghilangkan kandungan ethanol. Rasanya langu, agak sepet dan meninggalkan sedikit rasa pahit di ujung lidah.
Untuk menghilangkan rasa langu perlu ditambah madu sebagai pemanis dan perasa buah, sehingga akan terasa enak untuk meminum sirup atau jus kulit manggis ini apa lagi disajikan dalam keadaan dingin.

Berikut 34 Fakta khasiat kulit manggis :
1. Anti-fatigue (energy booster/memberi tenaga)
2. Powerful anti-inflammatory (prevents inflammation/anti peradangan)
3. Analgesic (prevents pain/mencegah sakit urat saraf)
4. Anti-ulcer (stomach, mouth and bowel ulcers)
5. Anti-depressant (low to moderate/mencegah kemurungan)
6. Anxyolytic (anti-anxiety effect/mencegah kegelisahan, panik & cemas)
7. Anti-Alzheimerian (helps prevent dementia/mencegah penyegah Alzheimeria)
8. Anti-tumor and cancer prevention (shown to be capable of killing cancer cells/Mencegah kanker)
9. Immunomodulator (helps the immune system/system kekebalan)
10. Anti-aging (Anti penuaan)
11. Anti-oxidant ( Buang toxic/racun dalam badan)
12. Anti-viral (membunuh kuman)
13. Anti-biotic (modulates bacterial infections)
14. Anti-fungal (prevents fungal infections/infeksi oleh jamur)
15. Anti-seborrheaic (prevents skin disorders/ mencantikkan kulit)
16. Anti-lipidemic (blood fat lowering/membuang kolesterol)
17. Anti-atherosclerotic (prevents hardening of arteries)
18. Cardioprotective (protects the heart/untuk jantung)
19. Hypotensive (blood pressure lowering/merendahkan tekanan darah)
20. Hypoglycemic (anti-diabetic effect, helps lower blood sugar/ mengurangi gula dalam darah)
21. Anti-obesity (helps with weight loss/kuruskan badan)
22. Anti-arthritic (prevention of arthritis/cegah sakit tulang)
23. Anti-osteoporosis (helps prevent the loss of bone mass/tulang rapuh)
24. Anti-periodontic (prevents gum disease/cegah gusi berdarah)
25. Anti-allergenic (prevents allergic reaction)
26. Anti-calculitic (prevents kidney stones/cegah batu karang)
27. Anti-pyretic (fever lowering/rendahkan suhu badab)
28. Anti-Parkinson (penyakit saraf parkinson)
29. Anti-diarrheal (mencegah diare)
30. Anti-neuralgic (reduces nerve pain/sakit urat saraf)
31. Anti-vertigo (prevents dizziness)
32. Anti-glaucomic (prevents glaucoma/sakit mata)
33. Anti-cataract (prevents cataracts)
34. Pansystemic (has a synergistic effect on the whole body/Mengimbangi seluruh badan)
(Sumber tulisan : Disarikan dari berbagai sumber) Sutaryo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar