Follow by Email

Selasa, Februari 21, 2012

Manfaat Kayu Secang

Secang atau sepang (Caesalpinia sappan L.) adalah pohon anggota suku polong-polongan (Fabaceae) merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tenggara dan mudah ditemukan di Indonesia.

Secang kulit kayunya dimanfaatkan orang sebagai bahan pengobatan, pewarna, dan minuman penyegar. Kulit kayunya merupakan bahan rempah-rempah dari Siam dan Nusantara ke berbagai negara di dunia hingga pada abad ke-17.

Secang mempunyai beberapa nama seperti : Seupeueng (Aceh), Sepang (Gayo, Bugis), Sopang (Toba), Lacang (Minangkabau), Secang (Sunda, Jawa, Madura), Sepang (Sasak), Supa (Bima), Sepel (Timor), Hape (Sawu), Hong (Alor), sepe (Roti), Sema (Manado), Dolo (Bare), Sapang (Makasar), Sepen (Halmahera selatan), Sappanwood (Inggris), dan Suou (Jepang). Secang mempunyai kerabat dekat yaitu kayu Brazil atau Brezel (C. Echinata) yang tumbuh di Amerika Selatan. Manfaat Kayu Secang. Kayu
Secang dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit : diare, disentri, batuk darah (TBC), luka dalam, sifilis, darah kotor, muntah darah, berak darah, luka berdarah, memar berdarah, malaria, tetanus, tumor, radang selaput lendir mata.

Komposisi kayu Secang : Sifat Kimiawi Dan Efek Farmakologis: Rasanya sepat tidak berbau, dapat menghentikan perdarahan, pembersih darah, pengelat, penawar racun dan antiseptik.

Kadungan Kimia : Kayu: Asam galat, tanin, resin, resorsin, brasilin, brasilein, d-alfa-phellandrene, oscimene, minyak atsiri.
Daun: 0,16%-0,20% minyak atsiri yang berbau enak dan hampir tidak berwarna.

Kayu Secang dapat digunakan untuk campuran bir pletok dengan beberapa rempah-rempah, kayu secang memberikan efek warna kemerah-merahan apabila diseduh dengan air panas. Bir pletok sendiri merupakan minuman penyegar dari bahan rempah-rempah dan tidak mengandung alkohol. Adapun resep membuat bir pletok Sbb :

Bahan-baham:
1. 1500 ml air.
2. 150 gram gula pasir.
3. 50 gram Kulit kayu manis.
4. 3 batang serai, memarkan.
5. 50 gram jahe, kupas & memarkan.
6. Serutan kayu secang secukupnya.
7. ½ sdt garam.

Cara membuat :
1. Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan kayu manis, serai, jahe,serutan kayu secang dan masak sampai mengeluarlan aroma.
2. Tambahkan gula pasir dan garam, kecilkan api, rebus kembali selama 15 menit kemudian angkat dan saring dengan penyaring teh.
3. Bir pletok panas atau dingin. ( resep ini kurang lebih untuk 5 gelas).

 (Sumber tulisan : Disarikan dari berbagai sumber) Sutaryo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar