Rabu, Oktober 26, 2011

Soup Buah


Seorang ibu rumah tangga kadang kala bingung untuk mengatur menu bila ada acara, semisal arisan keluarga atau acara milad salah satu anggota keluarganya. Di sini akan penulis sharingkan cara membuat Soup Buah, karena soup buah banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan dan pertimbangan lainnya bahannya mudah diperoleh dan harganyapun relative terjangkau serta mudah membuatnya.

1.      Seperti  telah kita ketahui bersama manfaat buah-buah untuk tubuh dan kesehatan manusia, contoh : Buah Mangga mengandung Vitamin A, E dan C, sebagai disinfektan dan membersihkan darah dan dapat untuk menanggulangi   atau mengobati
beragam penyakit : Bau badan, menurunkan panas.
2.      Buah Strawberry mengandung Provitamin A, Vitamin B1, B dan C, mengandung antioksidan untuk melawan zat radikal bebas. Bermanfaat bagi  kesehatan seperti : Mengobati kesehatan pada kandung kemih, anti virus dan anti kanker.
3.      Buah Apel mengandung Vitamin A, B, dan C, dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah dan berfungsi  sebagai zat anti kanker dan untuk mengurangi nafsu makan yang terlalu besar.
4.      Buah Jeruk mengandung Vitamin A, B1, B2 dan C dan mengandung anti kanker selain itu dapat untuk mengobati penyakit seperti : Sariawan, menurunkan resiko terkena kardiovaskuler, kanker dan katarak.
5.      Buah Pir mengandung Vitamin C, Provitamin A serta mengadung anti oksidan yang baik untuk menjaga kesehatan  dan pencegahan penyakit seperti : Menurun Demam panas, mengencerkan dan menghilangkan dahak pada penderita batuk berdahak.
6.      Buah Semangka mengandung Vitamin C, Provitamin A, sebagai anti alergi selain itu mempunyai fungsi bagi kesahatan seperti : Menurunkan kadar kolesterol, mencegah dan menahan serangan jantung.
7.      Buah Melon mengandung Vitamin C, Provitamin A, mengandung zat anti kanker dan anti Oksidan selain itu bermanfaat bagi kesehatan seperti : Mencegah darah menggumpal, membersihkan kulit, melancarkan saluran pencernaan.

Resep Soup Buah.
Bahan-bahan:
·         2 buah Apel  ukuran besar.
·         2 buah Pir ukuran besar.
·         2 buah Mangga
·         10 buah Strawberry
·         4 buah Jeruk Manis
·         ½ kg buah Semangka
·         ½ kg buah Melon
·         ½ kg gula pasir (buat gula cair dengan diberi daun pandan dan panili)
·         1 kaleng susu kental manis
·         Syrup Marjan wana merah atau hijau.
·         2 liter air masak ( air Aqua)
Cara membuatnya :

1.      Semua buah-buah dicuci hingga bersih.
2.      Buah Apel, Pir dan Mangga, kupas dan dipotong dadu ukur 1X1 cm.
3.      Buah Stawberry  dibelah menjadi 2 bagian.
4.      Buah Jeruk dikupas dan dibuang biji dan serabutnya kemudian dipotong menjadi 3 bagian.
5.      Buah Semangka dan Melon dibuat bola-bola kecil.
6.      Semua potongan buah-buahan dicampur menjadi satu di dalam wadah Soup Buah lalu dimasukan air Aqua, gula cair, susu kental manis (sesuai selera) dan Syrup Marjan (sesuai selera) dan aduk sampai merata.
7.      Sebelum disajikan bisa dimasukan kedalam lemari es terlebih dahulu atau diberi potongan batu es.
Resep ini untuk 10 orang. Dan selamat mencoba.
(Sutaryo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar